Menghitung Kebutuhan Ruang Tangga

Menghitung Kebutuhan Ruang Tangga

Pada tahap perencanaan, untuk bisa meletakkan tangga secara efisien, pertama-tama perlu diketahui dulu cara menghitung kebutuhan ruang tangga. Setelah itu seorang Arsitek baru memikirkan mengenai posisi penempatan tangga tersebut dalam desain bangunan.
Untuk tangga tanpa bordes, ukuran tangga didapat dari selisih ketinggian antara lantai di bagi dengan tinggi rata-rata anak tangga dan kemudian dikalikan dengan ukuran lebar anak tangga ( lihat gambar).

Menghitung-Kebutuhan-Ruang-Tangga

Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Ruang Tangga

Selisih ketinggian (h2-h1) merupakan tinggi ruangan, sedangkan tinggi anak tangga (t) dan lebar anak tangga (l) bisa anda tentukan sendiri. Tinggi dan lebar anak tangga mempengaruhi kenyaman dalam menggunakan tangga. Panjang tangga yang didapat dari perhitungan, setelah dicocokan ke dalan ruangan, bisa menetukan apakah tangga tersebut masih memungkinkan berbenyuk lurus, atau berbentuk L, U dan lain sebagainya. Untuk ruangan dengan tinggi 3 m, tinggi anak tangganya 15 cm dan lebarnya 25 cm, maka panjang anak tangga bisa dihitung sebagai berikut :
contoh perhitungan :
panjang tangga :
= (300/15-1) x 25 cm
= 19 x 25 = 475 cm atau 4.75 m
Adapun untuk area yang berada di bawah tangga, masih bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan atau sebagai fungsi lain. Kami akan membahasnya pada artikel kami berikutnya. Railing Tangga Surabaya – railling.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Railing Tangga Surabaya