Lem Kaca (Glass Sealant)

Lem Kaca (Glass Sealant)

Dalam pemasangan kaca, baik untuk keperluan railing tangga kaca maupun untuk keperluan pemasangan kaca sebagai bagian struktur rumah, penggunaan sealant kaca sangat diperlukan.

Sebenarnya ada banyak jenis sealant, namun jenis sealant kaca yang umum digunakan dan dikenal luas dipasaran ada  jenis yaitu sealant asam (acetic cure sealant) dan sealant non asam (non acetic cure sealant).

Secara mudahnya, cara membedakan kedua jenis sealant ini dapat diketahui dari bau yang dihasilkan pada saat aplikasi dan lamanya waktu yang diperlukan bagi lem kaca tersebut untuk kering. Sealant asam berbau tajam sedangkan sealant non asam cenderung lebih tidak berbau. Adapun waktu yang diperlukan untuk sealant asam untuk kering kurang lebih 8 jam, sementara waktu yang diperlukan sealant non asam untuk kering adalah hampir 24 jam.

Secara fungsi dan aplikasi juga terdapat perbedaan dalam penggunaan kedua jenis sealant tersebut. Sealant asam (harga lebih murah) sudah cukup memadai apabila digunakan untuk menyambung permukaan kaca terhadap permukaan kaca lainnya. Namun seringkali diperlukan lem untuk mengikat kaca dengan permukaan selain kaca (tembok atau kayu). Untuk melakukan hal ini, diperlukan penggunaan sealant non asam untuk dapat melakukan perekatan yang sempurna.

Semoga sedikit sharing pengetahuan tentang sealant dari kami dapat berguna bagi rekan-rekan aplikator kaca.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Railing Tangga Surabaya