Cara Memilih Pegangan Railing Tangga

Cara Memilih Pegangan Railing Tangga

Pegangan Railing Tangga atau yang disebut sebagai Hand Railing memiliki banyak model. Namun secara garis besar, tipe pegangan railing tangga dapat dibagi menjadi tiga yaitu bentuk bulat, bentuk kotak, dan bentuk persegi panjang.

Adapun bentuk yang paling ergonomis atau ideal, yaitu bentuk bulat, memiliki aspek kenyamanan yang lebih untuk digunakan sebagai pegangan atau nyaman saat digenggam. Oleh karena itu apabila menggunakan bentuk kotak atau persegi panjang, sebisa mungkin agar menggunakan sudut yang membulat pada sisi tajamnya.

Ukuran untuk pegangan railing tangga berbeda-beda, namun apabila dirata-rata secara umum, diameter pegangan railing adalah ukuran 4 sampai 5 cm. Ukuran pegangan railing tersebut dirasakan cukup nyaman terutama bagi orang tua. Meskipun pada kenyataannya banyak digunakan pegangan railing dengan ukuran lebih besar dari ukuran diatas, namun tidak akan jauh dari ukuran ideal tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih pegangan railing tangga adalah tentang material yang digunakan. Material yang dapat digunakan untuk Hand Railing diantaranya adalah kayu, fiber atau pvc, stainless steel, besi hollow maupun tempa, atau bahan alumunium. Semua material tersebut dapat digunakan untuk pegangan railing. Kecuali jika digunakan untuk luar ruang /eksterior, pilihan kayu, fiber atau pvc lebih baik ditinggalkan. Karena sifat dari material tersebut yang tidak tahan terhadap perubahan cuaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Railing Tangga Surabaya